Program kesehatan

Informasi tentang program-program kesehatan (pilihan) di Indonesia

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Latar Belakang (pendahuluan)

Pemerintah Republik Indonesia sedang melaksanakan Program Indonesia Sehat melalui upaya-upaya untuk mencapai program pembangunan kesehatan prioritas. Upaya untuk mencapai program pembangunan kesehatan prioritas tahun 2015-2019 dilaksanakan dengan mendayagunakan segenap potensi yang ada, baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun masyarakat. Pembangunan kesehatan dimulai dari unit terkecil di masyarakat, yaitu keluarga. Pembangunan keluarga, sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat. Oleh karena itu pemerintah pusat dan daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang bertujuan untuk mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsinya secara optimal.

 

Sebagai penjabaran dari amanat Undang-Undang tersebut di atas, Kementerian Kesehatan RI menetapkan strategi operasional pembangunan kesehatan melalui Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Pelaksanaan pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga melibatkan peran serta Puskesmas dan jaringannya, jejaring Puskesmas serta masyarakat. 

 

Pendekatan keluarga merupakan salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Salah satu upaya Pendekatan Keluarga melalui kunjungan keluarga untuk pendataan.

 

Puskesmas berperan sebagai salah satu aktor yang mempunyai kewajiban dalam pendataan Keluarga Sehat (KS) di wilayah kerjanya. Agar dapat melakukan pendataan KS di wilayah kerjanya, pengelola KS Puskesmas harus mempunyai Akun KS. Untuk memperoleh Akun KS, ada prosedur standar yang harus dipenuhi. Mari kita simak prosedur standar tentang cara membuat (memperoleh) Akun Keluarga Sehat berikut ini.

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan suatu sistem pengelolaan data dan informasi kesehatan di semua tingkat administrasi pemerintahan secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ada banyak Undang-undang dan Peraturan di Indonesia yang berkaitan dengan SIK dan menjadi dasar hukum bagi Sistem Informasi Kesehatan, dapat dilihat berikut ini.

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active


Gambar ilustrasi: Anak-anak di Lapas.

Sumber: http://listverse.com/2008/08/14/top-10-modern-prison-programs/


Penjara atau Rumah Tahanan (Rutan) yang dalam bahasa halusnya adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat paling dihindari dan ditakuti oleh sebagian besar masyarakat karena dianggap sebagai tempat yang penuh dengan kekerasan dan kekotoran sebab banyak orang jahat (pembunuh, perampok, maling, pecandu narkoba, dsb) tinggal disana, penuh dengan siksaan serta lingkungan yang kotor. Di masa kini, Lapas semakin banyak dihuni anak-anak seiring meningkatnya jumlah anak bermasalah hukum yang dijebloskan (mendapat pembinaan) di dalam Rumah Tahanan. Ternyata Pemerintah masih peduli dan terlibat pada kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak yang tinggal di Lapas.