User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive
 
Siapa yang tidak tahu dengan Pulau (Kepulauan) 1000 atau Thousand Islands? Pada umumnya penduduk DKI Jakarta, baik tua maupun muda sudah tahu tentang Pulau Seribu. Yang tidak tahu mungkin termasuk: bukan penduduk DKI Jakarta, pendatang baru di Jakarta, anak-anak bayi dan Balita. Yah ... pada umumnya kita semua sudah tahulah, minimal sudah pernah dengar atau baca tentang pulau 1000. Tapi adakah yang tahu berapa banyak sebenarnya jumlah pulau di Kep. Seribu?? Saya yakin sebagian besar orang masih banyak yang belum tahu dan mengira bahwa jumlah pulau di Kepulauan Seribu ada sekitar 1.000 buah. Mudah-mudahan Anda bukan salah satu dari populasi orang-orang yang kurang tahu tersebut (biar lebih sopan, ditulis "kurang tahu"). Jadi jumlahnya?
 
Terus terang saya termasuk salah satu dari orang-orang yang kurang tahu atau tidak mau tahu tsb. Tadinya saya mengira jumlah pulau di Kepulauan Seribu ada beribu-ribu pulau. Kalau saya tidak menghitung langsung, pasti juga tidak akan tahu ada berapa banyak sebetulnya jumlah pulau di Kepulauan 1000. Menghitung langsung? mungkin Anda bertanya bagaimana caranya? Begini, suatu hari anak saya bertamasya dengan teman-teman sekolahnya ke salah satu pulau di kep. 1000. Setelah anak saya pulang, saya melihat-lihat peta Kepulauan Seribu karena ingin tahu seberapa besar kira-kira pulau yang dikunjungi anak saya tsb? Iseng-iseng saya coba menghitung jumlah pulau yang berada di kawasan kep. seribu. Setelah dihitung seteliti mungkin, eh ternyata saya kecelek, ternyata .... jumlahnya bukan ribuan pulau, tapi cuma seratus lebih sedikit. Koq lebih sedikit?? kenapa gak pasti? Yah ... memang ada ketidakpastian alias ragu-ragu ketika saya menghitung, saya ragu apakah "segundukan" karang atau pasir yang muncul di permukaan laut bisa digolongkan sebagai sebuah pulau? sebab ada banyak pulau-pulau karang yang ukurannya 'sangat kecil', mungkin saja pada siang hari pulau karang tsb muncul di permukaan laut saat air laut sedang surut tapi di malam hari tenggelam kembali bila air laut sedang pasang. Jadi kalau yang dihitung hanya pulau yang berukuran 'besar,' menurut perhitungan saya, jumlah pulau di wilayah Kepulauan Seribu tidak mencapai 1000 buah, paling-paling hanya ada 100 pulau lebih sedikit.
 
Untuk meyakinkan apakah penghitungan saya betul atau tidak, maka saya mencari referensi melalui sumber lain, praktisnya melalui browsing di internet saja. Beberapa situs mengatakan jumlah pulau di Kep. Seribu ada 105 buah pulau, ada yang mengatakan 108 pulau, yang lain mengatakan ada sekitar 110 pulau, tapi ada pula satu dua buah blog yang mengatakan jumlah pulau di kepulauan seribu ada 342 pulau. Koq beda jauh? Tapi masih ada penjelasannya untuk yang 342 buah pulau tsb sebagai berikut: Jumlah ini sudah termasuk pulau-pulau yang berbentuk gundukan pasir dan terumbu karang yang jumlahnya ada sekitar 158 buah. Wah, jadi bingung, apakah gundukan pasir dan terumbu karang juga bisa dimasukkan sebagai pulau? Tapi tetap saya harus mengambil kesimpulan bahwa jumlah pulau-pulau di kawasan kepulauan seribu yang tergolong 'besar' (ukurannya) hanya ada antara 100 sampai 110 pulau saja.  Tapi kalau gundukan pasir, gundukan karang dan batu karang ikut dihitung maka jumlahnya bisa lebih dari 1.000 hingga mencapai ribuan pulau. Hehe ... btw, apakah informasi ini bermanfaat?
 
Daftar Referensi
  1. http://wikimapia.org/#lang=en&lat=-5.697982&lon=106.467133&z=10&m=b (sumber gambar).