Transportasi

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Kota Bangkok memiliki beberapa moda transportasi umum yang saling mendukung antara lain kereta layang BTS (biasa disebut sky trains), MRT (kereta bawah tanah, sub way), Bus Kota, Tuk-Tuk, angkutan kota (angkot, beroperasi di pinggiran kota), ojek motor, dan perahu bermotor (boat). Bila kita ingin meng-eksplor kota Bangkok, mau tidak mau kita harus mencoba naik bus kota karena tidak semua wilayah terjangkau oleh BTS dan MRT. Naik Bus kota di Bangkok cukup menyenangkan asalkan kita tahu trik-trik cara menggunakannya yang merupakan seni tersendiri.

 

Alasan kita menggunakan bus kota di Bangkok antara lain:

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Pada pesawat terbang yang dilengkapi monitor (biasanya terletak di depan seat kita), misal pesawat Garuda Indonesia, kita dapat melihat informasi penerbangan dari pesawat yang sedang kita tumpangi. Salah satu informasi yang disuguhkan adalah Kecepatan Pesawat di Landasan dan Kecepatan Udara Sesungguhnya. Uniknya, saat saya perhatikan di monitor kabin pesawat garuda Indonesia, pada tahun lalu, "Kecepatan Pesawat di Landasan" sering kali lebih rendah dari pada "Kecepatan Udara Sesungguhnya." Sebaliknya, pada tahun 2018, saya kaget tatkala monitor memperlihatkan data "Kecepatan Pesawat di Landasan" lebih tinggi dari pada "Kecepatan Udara Sesungguhnya." Hehehe ... saya sering bertanya-tanya dalam hati, mengapa ada perbedaan antara "Kecepatan Pesawat di Landasan" dengan "Kecepatan Udara Sesungguhnya?" Adanya perbedaan kecepatan tersebut dapat membuat orang menjadi bingung dan bertanya-tanya. serta membayangkan seolah-olah ada dua kendaraan yang sedang berpacu, yaitu satu berada di darat dan satu di udara. Lalu kedua kendaraaan yang sedang berlari tersebut selalu tiba pada waktu yang bersamaan di bandara tujuan. Pertanyaannya, mengapa ada perbedaan antara "Kecepatan Pesawat di Landasan dan Kecepatan Udara Sesungguhnya?"  Mari kita kupas satu persatu kedua jenis kecepatan tersebut.

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

Menurut pribahasa orang zaman dulu, "banyak jalan menuju Roma." Demikian pula banyak jalan (akses) dari Jakarta menuju Sirkuit Sentul. Penulis akan membeberkan salah satu cara/jalan dari Jakarta menuju Sirkuit Sentul (PP) menggunakan angkutan umum. Berawal ketika penulis ingin memenuhi undangan (tugas kantor) untuk menghadiri pertemuan di Hotel Lor In (Lorin) di Sentul. Karena Hotel Lor In terletak di kompleks Sirkuit Sentul, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor, maka Penulis memutuskan untuk datang ke Sirkuit Sentul menggunakan angkutan umum. Bagaimana jalurnya?