User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive
 

Menurut pribahasa orang zaman dulu, "banyak jalan menuju Roma." Demikian pula banyak jalan (akses) dari Jakarta menuju Sirkuit Sentul. Penulis akan membeberkan salah satu cara/jalan dari Jakarta menuju Sirkuit Sentul (PP) menggunakan angkutan umum. Berawal ketika penulis ingin memenuhi undangan (tugas kantor) untuk menghadiri pertemuan di Hotel Lor In (Lorin) di Sentul. Karena Hotel Lor In terletak di kompleks Sirkuit Sentul, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor, maka Penulis memutuskan untuk datang ke Sirkuit Sentul menggunakan angkutan umum. Bagaimana jalurnya?

 

Langkah awal adalah mencari tahu melalui browsing,bagaimana akses dari Jakarta ke Sirkuit Sentul dengan angkutan umum? Ada beberapa blog yang menjelaskan pilihan akses dengan angkutan umum dari Jakarta ke Sentul City, antara lain dengan menumpang Bus Mayasari Bhakti AC 43 dari Terminal Grogol menuju Cibinong, turun di pintu keluar tol Cibinong/Citeureup lalu dilanjutkan naik angkot. Singkat cerita, sekitar pk. 14 saya datang ke terminal Grogol dan mencari-cari Bus Mayasari Bhakti AC43 tapi tidak menemukan, maka saya bertanya kepada seorang yang ternyata supir Bus Mayasari Bhakti, "Permisi pak, dimana Bus Mayasari Bakti AC-43 jurusan Cibinong?" Jawabnya, "AC 43 sudah tidak ada, naik aja APTB 05," jawabnya sambil menunjuk ke arah Bus APTB 05 berwarna biru tua. "Kalau mau ke Sirkuit Sentul bisa naik APTB 05 juga?" tanya saya. "Bisa, turun di Pintu keluar tol Citeureup, terus  naik angkot, disana banyak angkot ke segala arah" jawabnya. Maka saya mengikuti sarannya, percuma kalau saya nungguin Mayasari Bakti AC43, sampai kiamatpun gak akan ada karena bus tsb sekarang sudah tidak beroperasi dan sudah digantikan oleh Bus APTB 05.

 

APTB 05 jurusan Grogol-Cibinong merupakan bus baru yang dikelola oleh PT Mayasari Bakti. Bus ini banyak tersedia, saya lihat ada sedikitnya 4 buah bus APTB 05 yang sedang antri di Terminal Bis Grogol menunggu jadwal pemberangkatan. Keberangkatan APTB 05 dilakukan sekitar 30 menit sekali, demikian perkiraan saya. Tidak terlalu lama saya menunggu sebelum bis ini diberangkatkan. Ada 7 orang penumpang di dalam bus termasuk saya ketika bus ini diberangkatkan, sedikit, mungkin karena bukan jam pulang kantor yaitu baru pukul 14.00, sedangkan jumlah/kapasitas tempat duduk yang tersedia ada 32 seat. Kalau jam pulang kantor pasti penuh. Bus ini cukup nyaman ditumpangi, karoserinya baru, AC-nya cukup dingin. Jalur yang dilalui adalah jalur Bus TransJakarta dari Grogol sampai UKI sebelum masuk ke jalan tol Jagorawi arah ke Bogor. Oleh karena itu APTB 05 akan berhenti di setiap halte di sepanjang jalur bus way Grogol - UKI. Halte-halte Busway penting yang dilalui dan tempat berhentinya APTB 05 antara lain: Grogol, Central Park, Slipi Jaya, Slipi petamburan, Semanggi, Kuningan, Pancoran, Cawang, BNN dan UKI Cawang. Dengan demikian penumpang dari Jakarta yang ingin ke Cibinong menggunakan APTB 05 dapat menunggu di halte-halte Busway yang disebutkan di atas.

 

Yang juga bikin senang, tarifnya yang relatif murah yaitu 12 ribu saja dari Jakarta sampai Cibinong! Kalau turun di jalur TransJakarta (maksudnya tidak masuk Tol Jagorawi) tarifnya hanya 5 ribu rupiah. Setelah turun di pintu keluar tol Citeureup, jalan kaki sedikit ke 'Ramayana' kemudian naik angkot nomor 44 warna biru. Turun di sirkuit Sentul, kemudian jalan kaki menuju hotel Lorin.

 

Untuk kembali ke Jakarta, dari depan Sirkuit Sentul naik lagi angkot 44 menuju arah sebaliknya (ke utara), turun di perapatan lalu nyambung angkot 02, turun di pintu keluar Tol jurusan Bogor - Jakarta. Di sana sudah menunggu Bis APTB 05 jurusan Cibinong - Jakarta. Sungguh perjalanan yang murah.


Referensi

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_Sentul, diakses 16 Oktober 2013
  2. http://ipoenkt.wordpress.com/2010/11/14/jadwal-shuttle-bus-sentul-city/, diakses 14 Oktober 2013