Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kalau kita membeli suatu barang, misalnya onderdil kendaraan bermotor, biasanya pedagang akan bertanya, "mau yang ori atau yang KW?" Kalau kita mau barang yang bagus dan dananya juga cukup maka kita akan menjawab "yang ori saja" sebab yang ori berarti barangnya berkualitas bagus karena original atau "asli." Kalau dana tidak mencukupi untuk membeli barang yang ori atau kalaupun dana ada tapi kita menganggap barang yang kw pun tidak masalah maka kita akan memilih yang "KW." Sebenarnya singkatan dari apa sich KW itu?

 

Menurut saya, "KW" itu singkatan dari "Kwalitas Wuruk" atau dengan kata lain kualitas buruk. Itu saja, meskipun KW sendiri terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu kw1, kw2, dan kw3. Barang KW1, artinya kualitas yang paling bagus di kelasnya, sedangkan KW2 berarti lebih buruk dari KW1, dan KW3 lebih buruk dari KW2. 

 

Menurut sumber lain, "KW" itu singkatan dari "kwalitas" atau dapat dikatakan barang tiruan alias tidak asli dan KW itu ada beberapa tingkatan lagi yaitu kw1,kw2, dan kw3. Lawan dari KW adalah "ORI" yang merupakan singkatan dari Original atau orisinil atau asli. Tapi anehnya, kalau saya membeli ubin keramik, tidak pernah ada penjual yang menawarkan, "mau keramik ori atau kw?"  Sebab tidak ada keramik yang "Ori", yang ada keramik kw1, kw2, dan kw3. Keramik kw1 merupakan keramik yang terbaik di kelasnya, selanjutnya kw2 dan kw3 yang lebih buruk kualitasnya.

 

Referensi:

  1. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3394244/sering-dengar-istilah-kw-ini-penjelasan-maknanya, diakses 28 Oktober 2020.
  2. https://www.kompasiana.com/imizona/55192c73a33311b415b6592f/apa-itu-ori-dan-kw, diakses 28 Oktober 2020.
  3. https://inet.detik.com/konsultasi-gadget/d-3476046/apa-bedanya-gadget-kw-original-dan-kw-super, diakses 28 Oktober 2020.