Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

   

Lebaran sebentar lagi! Menghidangkan ketupat di hari raya Idul Fitri (lebaran) merupakan salah satu tradisi umat Muslim di Indonesia. Kurang afdol rasanya bila tidak ada hidangan ketupat pada hari raya tersebut, apalagi 'temannya' sudah hadir di meja makan, seperti gulai kambing, semur daging, kari ayam, opor ayam, sayur pepaya atau sayur lodeh. Ketupat juga membantu meringankan beban ibu rumah tangga di hari raya Idul Fitri karena para ibu tidak perlu lagi repot memasak nasi pada hari itu (asalkan membuat ketupatnya cukup banyak) sehingga lebih banyak kesempatan untuk bersilaturahim. Banyak yang mengatakan bahwa membuat ketupat itu sulit, namun sebenarnya cukup mudah asalkan kita mau belajar dan membiasakan diri membuatnya. Kulit (kepompong) ketupat yang sudah jadi mudah didapatkan (dibeli) di kota-kota besar, seperti ada pepatah "serahkan pada ahlinya." Namun terkadang pada kondisi tertentu kita perlu membuat sendiri ketupat. Selain dapat berhemat, ketupat hasil karya tangan sendiri akan terasa lebih memuaskan. Mari kita belajar cara membuatnya.


Banyak orang yang suka membuat sendiri kulit ketupat, alasannyapun berbeda-beda. Beberapa alasan mengapa kita perlu membuat ketupat sendiri:
1. Tidak ada penjual kepompong/cangkang ketupat yang sudah jadi.
2. Di daerah kita banyak tersedia janur kelapa yang dapat dimanfaatkan.
3. Ingin berhemat sambil menikmati karya buatan sendiri.
4. Belajar berwiraswasta ketupat.
5. Iseng, ingin bereksperimen dan senang (hobby) menganyam ketupat
6. dll.

Cara membuat ketupat
Tahap I: Menyiapkan bahan dasar.
1. Mencari janur kelapa yang bagus: usahakan mencari janur yang berwarna kuning kehijauan dan masih segar, cari janur yang berukuran panjang 90-100 cm dan lebarnya 3 cm atau lebih. Banyaknya janur disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
2. Beras: siapkan beras: agar hasilnya bagus, usahakan mencari beras yang pulen (tidak perah). Banyaknya: 1 liter beras untuk kira-kira 10 ketupat (tergantung besar kecilnya ketupat).
3. Panci untuk merebus ketupat: siapkan panci masak berukuran relatif besar kira-kira berdiameter 30 cm atau kalau mau yang praktis dapat dipakai panci masak bertekanan ("presto").
4. Pisau untuk melepaskan lidi janur.

Tahap II: Membuat kepompong ketupat.
1. Ambil 1 lembar janur (yang masih mengandung lidi)
2. Sayat/pisahkan lidinya menggunakan pisau, maka akan dihasilkan 2 lembar janur.
3. Lembar janur pertama dililitkan pada tangan kiri, ujung yang lebar menghadap keatas, lilitkan sebanyak 3 lilitan.
4. Lembar janur kedua dililitkan pada tangan kanan, ujung yang lebar menghadap kebawah, lilitkan sebanyak 3 lilitan.
5. Dengan bantuan jari-jari tangan kanan dan kiri, silangkan janur ditangan kanan dan kiri saling tumpang tindih berselingan.
6. Setelah mendapatkan beberapa anyaman, akan terbentuk kerangka dasar ketupat, tambahkan silangan-silangan berikutnya secara manual.
7. Hitunglah lingkaran yang terbentuk pada masing-masing lembar janur yang saling bersilangan tsb, biasanya ada 7 atau 9 lingkaran yang saling silang. Bila salah satu ada 7 lingkaran dan yang lainnya 9 lingkaran, itu sudah cukup oke. Bila sama-sama 9 lingkaran, itu lebih baik. 
8. Bila berhasil, kedua ujung janur yang runcing akan saling bertemu, juga kedua ujung janur yang lebar saling bertemu.
9. Rapatkan (rapihkan) anyaman dengan cara menarik lembaran janur yang saling silang tsb secara seksama.
10. Bila ingin berkreasi, anyaman dapat dimodifikasi dengan cara membelokkan ujung janur yang lebar dan sempit kearah lain yang berseberangan sehingga akan dihasilkan berbagai model ketupat, misalnya model bawang, salak, ayam, dan kodok (lihat gambar.)

Untuk lebih jelasnya tentang cara menganyam ketupat, mari kita lihat videonya.
Catatan: pembuat ketupat dalam video ini adalah seorang yang sudah terbiasa membuat ketupat sehingga gerakannya cukup cepat. Ketupat yang dibuatnya disebut ketupat model bawang.


Video cara membuat kepompong ketupat.

Tahap III: Mengisi dan memasak ketupat.
1. Beras dicuci dengan air bersih, bilas beberapa kali lalu ditiriskan.
2. Ambil kepompong ketupat yang sudah jadi, rapatkan/rapihkan anyamannya agar tidak ada lubang-lubang yang memungkinkan beras lolos.
3. Tutup ujung ketupat pada bagian yang runcing dengan cara menyelipkan salah satu ujung janur kebagian lain.
4. Lebarkan anyaman di bagian ujung ketupat satunya dengan membuat lubang sementara sebagai tempat masuknya beras.
5. Masukkan beras kedalam ketupat dengan bantuan sendok hingga terisi 2/3 sampai 3/4 bagian ketupat. Bila isi beras kurang dari 2/3 maka akan dihasilkan ketupat yang lembek, bila isi lebih dari 3/4 maka ketupat akan keras.
6. Rapihkan (rapatkan) kembali lubang tersebut.
7. Setelah semua cangkang ketupat diisi beras, masukkan kedalam panci masak atau panci bertekanan.
8. Tata letak ketupat agar efisien memenuhi ruangan panci.
9. Masukkan air bersih hingga semua ketupat terendam air. Jangan sampai ada ketupat yang tidak terendam air. Bisa ditambahkan beberapa lembar daun pandan kedalam air agar ketupat terasa wangi pandan.
10. Masaklah (rebus) dengan api sedang. Lamanya merebus: untuk panci masak biasa, masaklah 4 hingga 5 jam, sedangkan bila memakai panci bertekanan cukup 3/4 hingga 1 jam sejak panci berdesis.
11. Bila direbus memakai panci biasa, perhatikan level air dalam panci, bila berkurang tambahkanlah dengan air panas.
12. Bila sudah masak, segera angkat ketupat, jangan direndam. Agar nampak bersih, bagian luar boleh disiram/dibilas dengan air matang. Tiriskan dengan cara menggantung ketupat hingga kulitnya kering dan kekenyalannya terbentuk sempurna.


Video cara mengisi beras pada cangkang ketupat.

Selanjutnya terserah Anda mau diapakan ketupat hasil buatan Anda sendiri, bisa dihidangkan dengan gulai kambing, opor ayam, sayur lodeh, rendang daging, kari ayam, dan lain-lain. Selamat menghidangkan ketupat ! Wah jadi ngiler nee ...

Eit ... jangan lupa, lidi yang dihasilkan bila cukup banyak bisa dikumpulkan dan diikat menjadi sapu lidi, lumayan untuk kebut kebut ranjang.

Penulis mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.

Comments   

# tautan facebook 2015-11-07 17:34
Thanks for finally writing about >Mari Belajar Cara Membuat Ketupat Sendiri