User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Sebagai orang yang mendambakan ketenangan, saya sangat concern (menaruh perhatian) terhadap faktor ketenangan di dalam rumah tangga. Satu hal yang paling sering mengusik perhatian saya adanya suara-suara bising atau berisik. Bila ada suara berisik maka saya akan perhatikan, amati dan bandingkan asal sumber suara. Ternyata, salah satu sumber suara yang paling sering mengganggu ketenangan rumah tangga justru datang dari satu alat yang paling banyak digunakan di dalam rumah tangga kita yaitu televisi. Lho ... bukankah volume TV bisa dikecilkan atau di-mute? Benar, volume TV memang bisa dikecilkan, akan tetapi ketika berlangsung periode penayangan iklan, mendadak saja suara TV membesar secara signifikan, padahal kita tidak selalu punya waktu untuk menjagai episode-episode jingle iklan.

 

Saya telah membandingkan di seluruh TV lokal yang ada di Indonesia, kesimpulannya hampir semua TV lokal melakukan hal yang sama yaitu meningkatkan volume suara jingle iklan. Mungkin maksudnya agar pemirsa bisa mendengar suara iklan walaupun sedang berada di dapur, kamar mandi, dan ruang lain yang berjauhan dari televisi. Tetapi dengan melakukan hal demikian, iklan TV tidak akan mendapatkan simpati dari masyarakat, malah dapat menimbulkan kemuakan tersendiri.

 

Saya sendiri sudah mulai alergi kalau mendengarkan jingle iklan TV yang hingar bingar tidak keruan. Beda dengan iklan TV semasa hanya ada satu TV di Indonesia yang boleh siaran yaitu TVRI. Meskipun tidak semua jingle iklan di TVRI pada waktu itu menarik bagi saya, tetapi seingat saya tidak ada peningkatan volume suara ketika penayangan iklan berlangsung. Lagipula banyak iklan yang berisi potongan lagu/musik yang menarik dan enak didengar.

 

Saran penulis kepada lembaga pembuat jingle iklan, buatlah iklan yang tidak menjengkelkan tetapi iklan yang dikemas dengan menarik terutama perhatikan faktor suara, pakailah potongan musik yang indah didengar. tidak perlu memperdengarkan suara layaknyai orang berteriak-teriak, tetapi dengan suara yang lembut, memakai musik dan irama yang bagus pasti akan mendapatkan simpati masyarakat. Saran kepada stasiun televisi, sangat tidak dianjurkan memperkeras suara ketika penayangan iklan.

Terima kasih.