Penyakit menular

Info pilihan beberapa penyakit menular

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Menurut  rumor yang banyak beredar di masyarakat, kucing (dan bulunya) merupakan sumber utama penularan penyakit toxoplasmosis (awam sering menyebut dengan “Toksoplasma” saja) yang dapat menyebabkan kemandulan bagi wanita, keguguran pada ibu hamil dan cacat pada bayinya, oleh karena itu keluarga yang memiliki anak perempuan dan perempuan yang ingin hamil sebaiknya menghindari kucing dan tidak memelihara kucing. Rumor tersebut jelas jelas sangat merugikan nama baik kucing di jagad maya dan jagad sungguhan. Kucing telah menjadi momok yang ditakuti sebagian masyarakat sehingga banyak orang menghindari berdekatan dengan kucing. Kalau melihat kucing sengsara, hanya kasihan saja tetapi tidak mau menolong, apalagi memelihara. Informasi tentang toksoplasma dan hubungannya dengan kucing perlu diluruskan agar masyarakat mengetahui cara mencegah penyakit ini, mau memelihara kucing tanpa takut terkena toksoplasmosis, dan sekaligus guna memulihkan nama baik kucing yang mulai tercemar. Untuk itu akan dijelaskan tentang penyakit Toxoplasmosis, cara penularan dan pencegahan. Bila kita suka kucing, pengetahuan ini diperlukan agar kita dapat memelihara kucing namun terhindar dari Toksoplasmosis.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

 

 

Pengendalian penyakit HIV/AIDS di Indonesia sudah mengalami perjalanan panjang. Strategi pengendalian yang diterapkan sejak tahun 1987 hingga saat ini sudah mengalami banyak perbaikan sebab dirancang berdasarkan perkembangan dan perubahan epidemiologi penyakit HIV AIDS. Suatu strategi mungkin tepat / bagus pada masa lalu tetapi kurang tepat untuk masa kini atau sebaliknya.

 

Strategi-strategi pengendalian HIV AIDS di Indonesia yang pernah diterapkan di Indonesia yang bisa dicatat antara lain:

  1. Strategi pencegahan penularan via jarum suntik yang disebut Harm Reduction pada tahun 2006
  2. Strategi pencegahan Penularan Melalui Transmisi Seksual (PMTS) sejak tahun 2010
  3. Strategi penguatan Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PPIA) pada tahun 2011
  4. Strategi pengembangan Layanan Komprehensif Berkesinambungan (LKB) di tingkat Puskesmas pada tahun 2012. dan
  5. Strategic use of ARV (SUFA) yang mulai diterapkan sejak pertengahan tahun 2013 sampai saat ini.

 

Artikel SUFA bisa pula dibuka melalui LINK ini

Terima kasih

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Kehamilan yang normal merupakan suatu keadaan fisiologis (bukan penyakit) bagi seorang perempuan (ibu hamil). Namun kehamilan akan membawa beberapa perubahan yang kurang menguntungkan pada tubuh wanita hamil, antara lain: menurunnya daya tahan/kekebalan tubuh, meningkatnya volume sirkulasi darah, kelebihan air, anemia, perubahan hormonal, perubahan keseimbangan asam basa, perubahan metabolisme karbohidrat, dan lain-lain yang kesemuanya secara umum membuat ibu hamil lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk malaria.