User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pertanyaan tentang batasan usia anak atau sampai umur berapa seorang manusia secara legal masih masuk dalam kelompok anak seringkali dilontarkan dalam suatu pertemuan atau rapat. Pembagian kelompok umur anak ini berdasarkan peraturan yang masih berlaku di Indonesia, sedangkan pembagian menurut dunia internasional bisa saja berbeda, contohnya, batasan usia anak remaja di Indonesia sampai umur 18 tahun, sedangkan menurut the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECDbatas usia anak remaja sampai umur 15 tahun. Semoga tulisan yang disarikan dari beragai sumber ini bisa menjawab pertanyaan yang sering diajukan tentang batasan umur anak serta definisi operasionalnya.

 

Pengertian dan Batasan Usia Anak

Berdasarkan Konvensi Hak-hak Anak yang disetujui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa pada tanggal 20 Nopember 1989, Bagian 1 Pasal 1, yang dimaksud Anak adalah setiap orang yang berusia dibawah 18 tahun, kecuali berdasarkan undang-undang yang berlaku bagi anak ditentukan bahwa usia dewasa dicapai lebih awal.

 

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 1 ayat 1, yang dimaksud  Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Jadi batasan usia anak menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia adalah anak sejak di dalam kandungan (sebelum dilahirkan) hingga berusia 18 tahun kurang 1 hari.

 

Pembagian Kelompok Umur Anak

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, pembagian kelompok usia anak sebagai berikut:

1. Tahap usia 0 – < 2 tahun, terdiri dari kelompok usia:

  1. < 3 bulan
  2. 3 – < 6 bulan
  3. 6 – < 9 bulan
  4. 9 – < 12 bulan
  5. 12 – < 18 bulan
  6. 18 – < 24 bulan

 

2. Tahap usia 2 – < 4 tahun, terdiri dari kelompok usia:

  1. 2 – < 3 tahun
  2. 3 – < 4 tahun

 

3. Tahap usia 4 – ≤ 6 tahun, terdiri dari kelompok usia :

  1. 4 – < 5 tahun
  2. 5 – ≤ 6 tahun

 

Sedangkan pembagian kelompok umur anak yang dipakai dalam program kesehatan di Kementerian Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Bayi: umur 0 – < 1 tahun
  2. Balita: umur 0 – < 5 tahun
  3. Anak Balita: umur 1 – < 5 tahun
  4. Anak Pra sekolah: umur 5 – < 6 tahun
  5. Anak Remaja: 10 – 18 tahun, dibagi menjadi: pra remaja (10 – <13 tahun) dan remaja (13 – <18 tahun)
  6. Anak Usia Sekolah: 6 – < 18 tahun

 

Definisi Operasional (DO) untuk Kelompok Umur Anak

Bayi adalah anak yang berumur dibawah 1 tahun atau sebelum mencapai hari ulang tahun yang pertama. Jadi anak yang berusia tepat 1 tahun tidak termasuk dalam kelompok Bayi tetapi sudah masuk ke dalam kelompok Balita dan/ Anak Balita.

 

Balita adalah anak yang berumur dibawah 5 tahun atau sebelum mencapai hari ulang tahun yang kelima. Anak yang berusia tepat 5 tahun tidak termasuk dalam kelompok Balita tetapi sudah masuk ke dalam kelompok Anak Pra Sekolah. Sedangkan yang disebut Anak Balita adalah kelompok anak yang berumur 1 sampai 5 tahun. Anak yang berusia tepat 5 tahun sudah masuk ke dalam kelompok Anak Pra Sekolah.

 

Anak Prasekolah adalah kelompok anak yang berumur antara 5 sampai 6 tahun kurang 1 hari.  Anak yang berusia tepat 6 tahun masuk ke dalam kelompok Anak Usia Sekolah.

 

Anak Usia Sekolah adalah anak yang berumur 6 sampai 18 tahun. Anak yang berusia tepat 18 tahun atau lebih sudah masuk ke dalam kelompok dewasa.

 

Anak Pra Remaja adalah kelompok anak yang berumur 10 – <13 tahun.

 

Anak Remaja adalah anak yang berumur 13 – <18 tahun.

 

Catatan:

tanda < artinya kurang dari

 

Referensi:

https://data.oecd.org/pop/young-population.htm#indicator-chart, diakses 6 Oktober 2017