BENARKAH ANAK BALITA-KU BAKAL PENGGANTI GENERASIKU?? (Dalam Rangka Memperingati “Hari Anak-anak Balita” 8 April 2014

Tanggal 8 April telah dicanangkan sebagai Hari Anak-anak Balita. Saya hanya bisa menduga apa latar belakang dicanangkannya Hari Anak Balita tersebut.

Bahwasanya Balita itu merupakan asset masa depan bangsa………. Iyaalah!!
Bahwasanya Balita itu merupakan masa yang penting bagi pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak…….. tentu sajalah!!
Bahwasanya Balita itu perlu mendapat perhatian yang ekstra pada kesehatan fisik dan psikis …….. semestinyalah!!
Bahwasanya Balita itu bakal menjadi pengganti generasi kita ………. Seyogyanyalah!!

 

Namun apa iya kita sudah memahami semua itu..??
Benarkah upaya maksimal sudah kita lakukan untuk mereka?
Seberapa Pedulikah kita pada kondisi balita kita??
Kalau inget Visi Kemenkes, seberapa ‘berkeadilan’ kah perhatian kita pada mereka??

 

MARIIII KITA LIHAT GAMBARANNYA…!!!

Read more: BENARKAH ANAK BALITA-KU BAKAL PENGGANTI GENERASIKU?? (Dalam Rangka Memperingati “Hari Anak-anak...

Angka Kematian Ibu (AKI) Tahun 2012

Angka Kematian Ibu (AKI) atau Maternal Mortality Ratio (MMR) hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 sudah dipublikasi oleh pemerintah pada 27 September 2013. AKI menurut SDKI 2012 sebesar 359/100.000 Kelahiran Hidup.

 

Grafik Tren Angka Kematian Ibu sejak 1992 sampai 2012 (Sumber: SDKI)

 

Sumber Angka Kematian Ibu

Di dalam proses menghasilkan angka AKI melalui SDKI 2012, ada 3 sumber data yang dapat dipakai untuk menghitung Angka Kematian Ibu tahun 2012, yaitu:

  • Sensus Penduduk (SP) tahun 2010: raw data untuk AKI bersumber dari survei yang mencatat kejadian kematian ibu selama rentang waktu sejak tahun 2009 sampai dengan 2010.
  • SDKI 2012: raw data bersumber dari survei yang mencatat kejadian kematian ibu selama rentang waktu 7 tahun, sejak tahun 2005 sampai dengan 2012.
  • SDKI 2012: raw data bersumber dari survei yang mencatat kejadian kematian ibu selama rentang waktu 5 tahun, sejak tahun 2007 sampai dengan 2012.

 

Referensi

Berbagai sumber

Data (angka) Malaria Indonesia


Gambar 1. Parasit malaria bentuk ring (ring form) di dalam sel darah merah (eritrosit) manusia.

Penyakit Malaria belum habis dari bumi Indonesia, banyak pihak masih memerlukan data (situasi) malaria di Indonesia. Data malaria berikut ini disajikan bukan untuk menggantikan data yang berasal dari sumber resmi tetapi lebih ditujukan untuk mempermudahkan masyarakat mengakses data malaria karena data dari sumber resmi seringkali sulit dicari dan diakses.  Oleh karena bersumber dari pemerintah maka data (angkanya) sama dengan sumber resmi tersebut.

Read more: Data (angka) Malaria Indonesia

Data dan Fakta HIV AIDS di Indonesia

 

Terjadi perubahan data trend HIV AIDS dalam 10 tahun terakhir. Menurut data UNAIDS, 2012, terjadi peningkatan angka infeksi baru HIV lebih dari 25% di Indonesia dalam kurun waktu antara tahun 2001 sampai 2011. Prevalensi HIV di antara para pengguna Napza yang memakai alat suntik atau penasun sebesar 35%. Test HIV di antara pengguna Napza dengan alat suntik mencapai lebih dari 75%. Prevalensi HIV di antara lelaki yang ngesex dengan lelaki (LSL atau MSM) sebesar 8%. Keterangan: LSL = lelaki suka lelaki, MSM  = men who have sex to men.

Read more: Data dan Fakta HIV AIDS di Indonesia

Data (angka) Diare di Indonesia

Diare merupakan penyebab utama kematian bayi dan anak balita (anak usia 1 bulan sampai < 5 tahun) di Indonesia. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2007) yang dilakukan oleh Kemenkes cq Badan Litbangkes pada tahun 2007, penyakit diare menjadi penyebab utama kematian bayi (31,4%) dan anak balita (25,2%). Diare dapat membunuh anak-anak karena diare sering menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) tingkat berat. Kondisi dehidrasi berat pada anak seringkali tidak diketahui atau tidak disadari orang tua sehingga orang tua 'kecolongan' dan mendapati anaknya sudah dalam kondisi kritis. Dehidrasi akibat diare dapat dicegah ditanggulangi/diobati dengan terapi rehidrasi oral (ORT) memakai oralit. Selengkapnya tentang cara mencegah dan menangani diare, dapat diklik disini.

 

Pemerintah cq Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan data diare tetapi mungkin masih sulit untuk diakses semua orang. Data (situasi) diare yang disajikan berikut ini bukan dimaksudkan untuk menggantikan data yang berasal dari sumber resmi, melainkan untuk mempermudah akses terhadap data itu sendiri, karena data yang disajikan disini sudah dipublikasi oleh sumber resminya..

Read more: Data (angka) Diare di Indonesia

Download Free Joomla Templates by vonfio.de
This site uses encryption for transmitting your passwords. ratmilwebsolutions.com