Menurut para ahli tumbuh kembang anak, periode 5 (lima) tahun pertama kehidupan anak merupakan "Masa emas" (golden period), jendela kesempatan (window opportunity), dan masa kritis (critical period)". Apakah artinya? Periode 5 (lima) tahun pertama kehidupan anak (masa balita) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat pada otak manusia,  periode ini merupakan masa yang sangat peka sekaligus kritis bagi otak anak dalam menerima berbagai masukan/pembelajaran/pengaruh dari lingkungan di sekitarnya, dan asupan gizi. Oleh karena itu periode ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pada masa ini otak balita bersifat lebih plastis dibandingkan dengan otak orang dewasa dalam arti anak balita sangat terbuka dalam menerima berbagai macam pembelajaran dan pengkayaan baik yang bersifat positif maupun negatif. Sisi lain dari fenomena ini yang juga perlu mendapat perhatian adalah otak balita lebih peka terhadap asupan yang kurang mendukung pertumbuhan otaknya seperti asupan gizi yang tidak adekwat, kurang stimulasi dan kurang mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

 

Mengingat periode 5 tahun pertama merupakan masa yang  'relatif pendek'  dan tidak akan terulang kembali dalam kehidupan seorang anak, maka orang tua/wali, pengasuh dan pendidik harus memanfaatkan periode yang 'singkat' ini untuk membentuk anak menjadi bagian dari generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas. Manfaatkanlah 'masa emas' dengan sebaik-baiknya dengan cara memberi masukan/pembelajaran dan nilai-nilai postiif, menghindari masukan yang bersifat negatif dan sedapat mungkin memberikan asupan nutrisi/gizi seimbang dan adekuat, memberikan stimulasi yang baik dan benar, serta memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi anak balita.

 

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan diantara sel-sel, dengan kata lain pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh. Misal: anak bertambah tinggi badan, berat badan dan lingkaran kepalanya.

 

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh (kemampuan) yang lebih kompleks meliputi kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara, bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Misal: kemampuan melakukan gerakan yang kompleks, berinteraksi dan