Gambar pencurahan Roh Kudus pada murid-murid Yesus
Sumber: www.timeanddate.com/.../germany/pentecost-monday

Pada hari Pentakosta 2000 tahun yang lalu, Roh Kudus turun kebumi memenuhi UmatNya. Pentakosta yang dirayakan Umat Kristiani merupakan salah satu hari raya penting selain Natal (kelahiran Yesus Kristus), Paskah (kematian & kebangkitan Yesus Kristus) dan Kenaikan Yesus ke Surga. Sebutan pentakosta berasal dari Bahasa Yunani kuno: pentekost? yang berarti kelima-puluh karena terjadi 50 hari setelah kematian Yesus di atas kayu salib atau 47 hari setelah kebangkitan Yesus atau 10 hari setelah Yesus naik ke Surga.  

 
Peristiwa turunnya Roh Kudus
Turunnya Roh Kudus merupakan penggenapan janji Allah kepada UmatNya yang tertulis dalam Injil pada Kisah Para Rasul 1: 1-5:

1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,  
2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.  
3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.  
4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang -- demikian kata-Nya -- ''telah kamu dengar dari pada-Ku.  
5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.''


Peristiwa turunnya Roh Kudus beserta manifestasinya tertulis dalam Kisah Para Rasul 2: 1-21:

1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.  
2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;  
3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.  
4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.  
5 Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.  
6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.  
7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: ''Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?  
8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:  
9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,  
10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,  
11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.''  
12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: ''Apakah artinya ini?''  
13 Tetapi orang lain menyindir: ''Mereka sedang mabuk oleh anggur manis.''  
14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: ''Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.  
15 Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan,  
16 tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yo"el:  
17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.  
18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.  
19 Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.  
20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu.  
21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.

Janji Allah untuk memberikan RohNya tertulis pula di dalam Injil pada Yehezkiel 36:26-27: 

 

 

26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.  
27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

 

 

 

Siapakah Roh Kudus?
Roh Kudus adalah Roh Allah atau Roh Yesus Kristus sendiri, dan sering disebut sebagai Roh Penolong dan Roh Penghibur. Setelah Yesus naik ke Surga, Allah menganugrahkan Roh Kudus agar UmatNya tidak hidup sendiri. Bersyukurlah kita karena sudah mendapat anugrah ini dan jangan disia-siakan.

Orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah orang-orang yang:
- percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamatnya
- sudah bertobat dan meninggalkan 'kehidupan yang lama'.
- rindu dipenuhi Roh Kudus dan mau membuka hati untuk dipenuhi Roh Kudus.
- mengundang Yesus masuk kedalam hatinya.

Sebaliknya Roh Kudus akan pergi meninggalkan orang yang hidupnya tidak kudus.

Untuk mengenal Roh Kudus secara lebih detail 'Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa dan Bagaimana (what, who, when, where, why, how)' Roh Kudus itu, dapat dibaca di dalam Alkitab (atau melalui klik disini). Ada satu hal penting yang juga perlu diingat bahwa kita jangan sampai berbuat kesalahan fatal melalui mulut kita seperti tertulis dalam Lukas 12:10: "Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni" 

Referensi
1. Pdt. Susana Soebroto, bahan khotbah pada kebaktian GBI Bukit Zaitun 23 Mei 2010.
2. http://www.alkitab.or.id/alkitab/ diakses 23 Mei 2010.
3. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it./msg01992.html">http://www.mail-archive.com/This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it./msg01992.html , diakses 24 Mei 2010.
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Pentakosta, diakses 24 Mei 2010.

Add comment


Security code
Refresh